Asal Kata Wawasan Nusantara Dan Arti Bagi Bangsa Indonesia Halaman All

Dari segi geografis dan sosial budaya Indonesia merupakan negara bangsa dengan wilayah dan posisi yang unik serta bangsa/ etnik yang heterogen. Mewujudkan pembangunan bangsa dengan tindakan nyata dan prestasi. Misalnya, menunjukkan rasa cinta tanah air ketika mewakili negara Indonesia di forum-forum internasional.

pengertian wawasan nusantara

Pelaksanaan politik diatur dalam UU partai politik, pemilihan umum, pemilihan presiden dimana pelaksanaannya sesuai hukum dan mementingkan persatuan bangsa Misalnya dalam pemilihan presiden, DPR, dan kepala daerah harus menjalankan prinsip demokratis dan keadilan, agar tidak pengertian wawasan nusantara menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa indonesia. Pelaksanaan kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia harus sesuai dengan hukum yang berlaku. Seluruh bangsa Indonesia harus mempunyai dasar hukum yang sama bagi setiap warga negara, tanpa pengecualian.

Tujuan nasional dapat dilihat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Melansir dari Sosiologis, pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang terhadap bangsa Indonesia dengan orientasi menjaga kesatuan dan persatuan untuk mencapai tujuan nasional. Pengertian ini tidak mutlak ya, Sahabat Dream, mengingat banyak para ahli yang juga andil dalam mendefinisikan pengertian wawasan nusantara. Pengertian wawasan nusantara merupakan cara pandang terhadap bangsa Indonesia dengan orientasi menjaga kesatuan dan persatuan untuk mencapai tujuan nasional.

Sejarah panjang Nusantara memperlihatkan bahwa perpecahan wilayah pada akhirnya justru merugikan bangsa Indonesia sendiri. Oleh karenanya muncul suatu kebutuhan ‘persatuan’, yang lantas digunakan sebagai konsep Wawasan Nusantara untuk menyatukan cara pandang nasional. Dalam artikel ini Dream akan membahas dua konsep dasar tentang pemahaman wawasan nusantara, yaitu konsep trigatra dan pancagatra. Dari stratifikasi tersebut diketahui bahwa wawasan nusantara dalam paradigma nasional berkedudukan sebagai landasan visional. Istilah nusantara dipakai untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau Indonesia yang terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Indonesia serta di antara Benua Asia dan Benua Australia.

Kesetiaan tersebut bisa diwujudkan dengan melaksanakan segala macam kegiatan sesuai aturan dengan tujuan tujuan demi kemajuan bangsa dan negara. Selain itu, wawasan nusantara juga berfungsi untuk membentuk dan membina persatuan kesatuan bangsa dan negara Indonesia serta merupakan ajaran dasar nasional yang melandasi kebijakan serta langkah pembangunan di Indonesia.

Pembangunan perekonomian Indonesia harus melibatkan partisipasi aktif dari rakyat Indonesia. Artinya, pengembangan perekonomian harus terkait dengan hajat orang-orang dan melibatkan mereka, tidak boleh murni teknokratis dan diatur oleh pemerintah pusat. Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan otonomi daerah untuk meningkatkan partisipasi pembangunan di daerah-daerah. Selain itu, pengembangan perekonomian ini juga harus mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat, tidak boleh hanya masyarakat-masyarakat tertentu saja. Memperkuat komitmen politik terutama pada partai politik dan lembaga pemerintahan guna meningkatkan kondusifitas iklim politik di Indonesia. Harapannya hal ini dapat meningkatkan semangat kebangsaan, persatuan, dan kesatuan nasional. Selain itu, harapannya juga pejabat politik tidak hanya berpolitik demi mendapatkan jabatan, tetapi untuk membuat perubahan-perubahan positif dalam negara kita.

Article Categories:
Uncategorized

Comments are closed.